Senin, 08 Agustus 2016

Skripsi Hubungan ANtara Gaya Kepemimpinan Orang Tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja



SKRIPSI
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti ujian memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Unversitas Ibn Khaldun Bogor

Oleh
Ahmad Fauzi Batubara
NPM 12211110835

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR
2016

 

HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI

Ahmad Fauzi BTR
Hubungan Antara Gaya Kepemiminan Orang Tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor
Disetujui dan disahkan oleh ;
Bogor,
Pembimbing I                                                              Pembimbing II


Dr. Zainal Abidin Arief                                              H.Dedi Supriadi, M.Si.,M.Pd
NIP. 19550717171986031002                                   NIK. 4101000010

Mengetahui,

Dekan                                                                          Ketua Program Studi
Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan                          Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Ibn Khaldun Bogor.                                 FKIP – UIKA Bogor.




Dr. Herawati, MS                                                      Dr. Abdul Karim Halim, M.Si
NIP. 195301131980032002                                      NIK. 410100008

SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama Lengkap                                    :  Ahmad Fauzi BTR
Nomor Pokok Mahasiswa                   :  12211110835
Tempat Tanggal Lahir                         :  Sibanggor Jae, 07 Oktober 1992
Program Studi                                     :  Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas                                               :  Keguruan dan Ilmu Pendidiian Universitas      
                                                               Ibn Khaldun Bogor
Dengan  menyatakan bahwa Skripsi yang berjudul : “Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Orang Tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor”   beserta seluruh isinya adalah benar-benar karya saya sendiri. Saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika ilmu yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan tersebut, saya siap menanggung resiko/sanksi apabila di kemudian hari ditemukan adanya pelanggaran etika keilmuan atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.
Bogor , 06 Mei  2016
Yang membuat pernyataann


Ahmad Fauzi BTR
NPM  12211110835
ABSTRAK
AHMAD FAUZI BTR, NPM : 12211110835, “Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor”.
Perumusan dalam penelitian ini adalah: bagaimana hubungan antara Gaya Kepemimpinan Orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor. Penelitian ini dibatasi pada hal-hal sebagai berikut: a). Gaya Kepemimpinan. b) Perilaku Anak Usia Remaja. 3)  Apakah terdapat hubungan antara Gaya Kepemimpinan Orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang :a) Gaya Kepemimpinan Orang tua, b) Perilaku Anak Usia Remaja dan  c) Hubungan antara keduanya.
Perilaku remaja adalah keseluruhan sikap dan tindakan positif atau negatif yang dapat diamati melalui pikiran perasaan dalam proses pertumbuhan dari masa anak-anak  menuju dewasa. gaya kepemimpinan orang tua adalah cara yang dipilih dan digunakan dalam mempengaruhi pikiran, perasaan, sikap dan perilaku anak dalam keluarga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu angket, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini yaitu remaja RW 03 Kelurahan Tanah Sareal. Sampel dalam penelitian ini yaitu remaja sebanyak 30 orang.
Hipotesis yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu: H0: Tidak terdapat hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor. H1: Terdapat hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
a.       Nilai rhitung sebesar 0,86 setelah dikonsultasikan dengan table interpepretasi nilai “r”, maka nilai rhitung sebesar 0,86 berada pada interval 0,80 – 1,000 dengan kategori Sangat Kuat. Demikian pula setelah dikonsultasikan dengan nilai rtabel product moment dengan N = 30 pada taraf signifikansi 95% = 0,361, diperoleh rtabel sebesar 0,361, menunjukkan rhitung > rtabel(0,86> 0,361). Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor
b.      Nilai thitung sebesar 12,167 dan jika dikonsultasikan dengan harga ttabel uji dua arah pada taraf signifikansi 0,05% dengan derajat kebebasan (dk) n – 2 adalah 28 (30 – 2 = 28), maka diperoleh ttabel sebesar 2,048 sehingga thitung sebesar 12,167 lebih besar dari pada ttabel sebesar 2,048  atau thitung > ttabel (12,167>2,048). Hal ini berarti nilai thitung berada pada wilayah penolakan hipotesis nol. Dengan demikian maka penelitian ini menolak Hipotesis uji atau Hipotesis nol (H0), yang berbunyi: “Tidak terdapat hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor”.dan menerima hipotesis alternatif (H1), yang berbunyi: Terdapat hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
c.       Harga koefisien determinasi (KD) sebesar 74%. Berarti besarnya hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor. sebesar 74%, atau dengan kata lain peranan gaya kepemimpinan orang tua memberikan kontribusi sebesar 74% terhadap Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor, sedangkan sisanya sebesar 26% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain.













KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmaanirrahiim
            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada keluarga, sahabat, dan hingga pada kita selaku umatnya.
            Dengan rasa syukur penulis panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia-nya kepada penulis, dengan segala jerih payah skripsi yang berjudul HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU ANAK USIA REMAJA DI GANG TANU RW 03 KELURAHAN TANAH SAREAL KOTA BOGOR” dapat penulis selesaikan. Dengan tujuan untuk melengkapi salah satu persyaratan penulisan skripsi untuk penyelesaian program strata satu (S1) Universitas Ibn Khaldun Bogor yang di dalamnya tak lepas dari berbagai pihak yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan, maka dengan ini penulis ucapkan terimakasih kepada yang terhormat :
1.        Bapak Dr.H. E. Bahrudin Drs., M.Ag, selaku Rektorat Universitas Ibn Khaldun Bogor.
2.        Ibu Dr. Herawati, MS selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor.
3.        Bapak Dr. Abdul Karim Halim, Drs.M.Si selaku Ketua Jurusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah UIKA Bogor.
4.        Bapak Dr.Zaenal Abidin Arif M.Sc selaku dosen pembimbing satu yang telah sabar dan ikhlas dalam memberikan bimbingan dan nasehatnya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
5.        Bapak H. Dedi Supriadi, M.Si.,M.Pd selaku dosen pembimbing dua yang telah sabar dan ikhlas dalam pemberian bimbingan dan nasehatnya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
6.        Seluruh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang telah memberikan ilmunya kepada penulis semoga ilmu yang telah diberikan berkah dan bermanfaat.
7.        Staff TU, Staff Perpustakaan Pusat, FKIP, dan Gor Padjajaran beserta  seluruh karyawan yang banyak membantu penulis selama kuliah.
8.        Ayahanda Ali Suleman Batubara dan Ibunda tercinta Rahmi Nasution, yang selalu memberikan kasih sayang, Do’a dan pengorbanannya, serta membesarkan, memberikan motivasi, dan segalanya. Serta seluruh keluarga yang telah memberikan do’a dan dorongannya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.
9.        H.N.Alamsyah selaku Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 Kota Bogor yang selalu memotivasi penulis untuk menyelesaikan skripsi
10.    Kepada keluarga besar Resimen Mahasiswa Batalyon VII/Suryakancana. Khususnya UIKA, IPB, UNPAK dan UNIDA yang selalu memotivasi penulis untuk menyelesaikan skripsi.
11.    Kepada sahabat seperjuangan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2012. Khususnya Abdur Rohman, Fajar Yudistira, Nia Yunisa, Iman Sulaiman, Gilang, Ibnu Fadilah, Ihsan, Andri, Siti Nurhasanah, Titi Dwi Tri Astuti Regina Aristya, M.Fakhran, Asti, Ropidah, Fitriyani Nst dan rekan-rekan dan semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatunya,  namun tidak mengurangi rasa hormat penulis.
            Untuk semua itu penulis tidak dapat membalas jasa dan memberi penghargaan sebagaimana mestinya selain memohon kehadirat Allah SWT semoga semua amal dan jasa yang penulis terima dari mereka diterima oleh Allah SWT sebagai amal shaleh disisi-Nya. Penulis sadar bahwasannya skripsi ini masih terdapat kekurangan dalam penyusunannya, untuk itu penulis mengharapkan tanggapan dan masukan dari berbagai pihak sebagai bahan perbaikan, dengan harapan pada akhirnya skripsi ini dapat disajikan sebagai buah karya yang bermanfaat bagi kalangan yang lebih luas.
Wassalamualaikum.W
                                    Bogor, Mei 2016


                                                                                    Ahmad Fauzi  BTR
NPM:12211110835 







DAFTAR ISI



LEMBAR PENGESAHAN................................................................................i
SURAT PERNYATAAN...................................................................................ii
ABSTRAK..........................................................................................................iii
KATA PENGANTAR........................................................................................v
DAFTAR ISI.....................................................................................................vii
DAFTAR RIWAYAT HIDUP...........................................................................x
DAFTAR TABEL..............................................................................................xi
GAMBAR..........................................................................................................xii
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................xiv
BAB I  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang Masalah.......................................................................1
B. Identifikasi masalah..............................................................................7
C. Pembatasan dan Perumusan Masalah...................................................8
D. Tujuan Penelitian..................................................................................8
E. Kegunaan Penelitian..............................................................................9
F. Sistematika Penulisan.......................................................................... 11
BAB II  KAJIAN TEORITIK, KERANGKA BERPIKIR DAN HIPOTESIS
A. Kajian Teoritik........................................................................................ 12
1. Kajian Teoritik Tentang Perilaku Anak Usia Remaja......................... 12
2. Kajian Teoritik Tentang Gaya Kepemimpinan Orang tua ................25
B. Kerangka Berpikir..................................................................................42
C. Hipotesis dan Desain Penelitian.............................................................43
BAB III PROSEDUR PENELITIAN
A. Lokasi dan Waktu Penelitian................................................................45
B. Metode Penelitian.................................................................................45
C. Populasi dan Sampel.............................................................................48
D. Definisi Konseptual Variabel dan Oprasional Variabel.......................50
E. Teknik Pengumpulan Data ...................................................................52
F. Prosedur Pengumpulan Data.................................................................55
G. Teknik Analisis Data............................................................................57
H. Penafsiran Data.....................................................................................59
BAB IV HASIL PENELITIAN, UJI HIPOTESIS DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
A. Hasil Penelitian.....................................................................................63
B. Uji Hipotesis.........................................................................................73
C. Pembahasan Hasil Penelitian................................................................79
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan...............................................................................................87
B. Saran.....................................................................................................89
DAFTAR  PUSTAKA
LAMPIRAN



RIWAYAT HIDUP


PHOTO
4 x 6
 





IDENTITAS PRIBADI
A.  Nama                                  :  Ahmad Fauzi BTR
B.  Tempat, Tanggal Lahir       :  Sibanggor Jae, 07 Oktober 1992
C.  Agama                                :  Islam
D.  Pekerjaan                            :  Mahasiswa
E.   Alamat                                :  Jl. Ahmad Yani Gang Tanu Kelurahan Tanah   
:  Sareal Bogor Kecamatan Tanah Sareal Bogor
F.   Telp/HP                              :  087878272010
G.  Alamat e-mail                     :  ahmadfauzibatubara92@gmail.com
H.  Alamat Facebook               : mr.fauzy@rocketmail.com
I.     Alamat Twitter                   : Resimenmahasiswa2015@yahoo.co.id
KETERANGAN KELUARGA
1.    Ayah                                   : Ali Suleman BTR
2.    Ibu                                      : Rahmi Nasution
3.    Anak Nomor                      : Ke-8 dari 8 bersaudara
RIWAYAT PENDIDIKAN
1.    SDN 142640 Sibanggor Jae                       Lulus Tahun 2005
2.    MTS Musthafawiyah Purba Baru              Lulus Tahun 2008
3.    MA Musthafawiyah Purba Baru                Lulus Tahun 2011
4.    Pondok Pesantren Musthafawiyah                        Lulus Tahun 2012
5.    Terdaftar sebagai Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor sejak tahun 2012.

PENGALAMAN ORGANISASI
1.    Ketua keamanan di Ikatan Pelajar Musthafawiyah Sibanggor Jae
2.    Paduan Suara Gita Astama UIKA Bogor
3.    Tarung Derajat AA BOXER
4.    Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi – B UIKA
5.    Wakil Komandan Batalyon VII/Suryakancana

DAFTAR TABEL


Tabel 1.1         Kerangka Berfikir …………………………………….......…...…41
Tabel 1.2         Desain Hipotesis ……………………………………………....…42
Tabel 1.3         Waktu Penelitian……………………………………………..…..43
Tabel 1.4         Tabel Penafsiran Nilai……..........................................................59
Tabel 1.5         Interprestasi Harga Korelasi Nilai “r”..........................................60
Tabel 1.6         Kependudukan Tanah Sareal........................................................62
Tabel 1.7         Distribusi Frekuensi Tunggal……………………...…................63
Tabel 1.8         Keadaan Responden Berdasarkan Jenis Kelamin………............63
Tabel 1.9         Keadaan Responden Berdasarkan Usia…………….…………....63
Tabel 1.10       Keadaan Responden Berdasarkan Tingkat Sekolah.................... 64
Tabel 1.11       Distribusi Gaya Kepemimpinan Orang Tua (Variabel X)..……. 65
Tabel 1.12       Pengujian Normalitas Data Variabel (X)
                        Gaya Kepemimpinan Orang Tua ......…………………………...66
Tabel 1.13       Perilaku Anak Usia Remaja (Variabel Y)…………….....…….. 68
Table 1.14       Pengujian Normalitas Data Variabel (Y) Perilaku Anak Usia Remaja ...................................................................................70
Table 1.15       Perhitungan Uji Statistik Gaya Kepemimpinan Orang Tua  (X) Dengan Perilaku Anak Usia Remaja (Y)…………............... 72

































Lahirku dan hidupku bukan hanya untukku,
Tetapi untuk ibuku, untuk ibuku, untuk ibuku, dan untuk ayahku.

Untuk Tuhanku, untuk guruku, untuk keluargaku, untuk negeriku,
Untuk generasiku, untuk zamanku, untuk kita dan semesta.

Kehadiranku ke dunia ini, untuk memberi makna pada semesta.
Biarlah tinta-tinta tuhan yang mewarnai setiap goresan zikirku, pikirku, sikapku, dan tindakanku sebagai sejarah perjalanan batin
Spritualku untuk menemuin-nya dalam kesadaranku.

Dan aku bangga telah lahir di bumi-nya.
Untuk itulah aku lahir dan hadir untuk kembali kepada-nya.










Daftar Lampiran-Lampiran


Lampiran 1      Kisi-kisi
Lampiran 2      Angket
Lampiran 3      Skor Variabel X (Gaya Kepemimpinan Orang Tua)
Lampiran 4      Skor Variabel Y (Perilaku Anak Usia Remaja)
Lampiran 5      R tabel
Lampiran 6      T tabel
Lampiran 7      Surat Keputusan
Lampiran 8      Surat Permohonan Izin Penelitian
Lampiran 9      Surat Izin Penelitian
Lampiran 10    Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian
Lampiran 11    Kartu Konsultasi Bimbingan


BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang Masalah
Era modern saat ini dengan segala perkembangannya telah meluluhlantahkan nilai-nilai moral dikalangan remaja. Secara nyata situasi kehidupan remaja  dipenuhi mode-mode jahiliyyah yang mengusung kebebasan berpikir dan berperilaku tanpa mempertimbangkan nilai-nilai islam. Kemunduran dalam beradab mereka sebut kemajuan, pamer aurat dianggap seni, perzinaan dianggap zamannya, narkoba merajalela  dan pembunuhan janin (aborsi) dianggap hak asasi. Maka lahirlah generasi instan yang tidak memiliki kepedulian terhadap moral.
Selama rentang kehidupan manusia banyak terjadi perubahan, baik yang bersifat psikis, fisik maupun pemikiran yang lebih dewasa. Dari semua fase perkembangan dan pertumbuhan manusia tersebut, salah satu fase yang  penting dan menjadi pusat perhatian saat ini adalah masa remaja.  
Anak remaja sebetulnya tidak termasuk golongan anak. tetapi ia tidak pula termasuk golongan orang dewasa atau golongan tua. Remaja ada diantara anak dan orang dewasa. Remaja masih belum mampu untuk menguasai fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya. Dilihat dari segi tersebut mereka masih termasuk golongan kanak-kanak, mereka masih harus menemukan tempat dalam masyarakat. Tahap umur remaja  datang setelah masa kanak-kanak berakhir, masa ini berlangsung antara umur 12 sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 sampai dengan 22 tahun bagi pria ditandai dengan pertumbuhan fisik yang cepat.
Remaja merupakan masa dimana timbulnya berbagai kebutuhan dan emosi serta tumbuhnya kekuatan dan kemampuan fisik yang lebih jelas dan daya pikir menjadi matang. Namun masa remaja penuh dengan berbagai perasaan yang tidak menentu, cemas dan bimbang, dimana berkecambuk harapan dan tantangan, kesenangan dan kesengsaraan, semuanya harus dilalui dengan perjuangan yang berat, menuju hari depan dan dewasa yang matang. Pada masa ini banyak tuntutan atau tekanan yang ditunjukkan pada remaja, misalnya mereka diharapkan untuk tidak lagi bertingkah seperti anak-anak, mereka harus lebih mandiri dan bertanggung jawab.
Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Pada masa ini juga remaja selalu ingin mencoba dan terus mencoba sampai bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Disaat remajalah proses menjadi manusia dewasa berlangsung. Pengalaman manis, pahit, sedih, gembira, lucu bahkan menyakitkan mungkin akan dialami dalam rangka mencari jati diri. Sayangnya, banyak diantara remaja yang tidak sadar bahwa beberapa pengalaman yang tampaknya menyenangkan justru dapat menjerumuskan. Rasa ingin tahu para remaja kadang-kadang kurang disertai pertimbangan akan akibat dari suatu perbuatan.
Perilaku remaja masa kini semakin bertolak belakang dengan norma yang berlaku di Indonesia. Perilaku remaja saat ini cenderung mendekati perilaku yang negatif tidak memungkiri karena semakin berkembangnya era globalisasi, gaya hidup yang lebih berkiblat ke barat. budaya luar dijadikan sebagai panutan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. seperti yang kita saksikan saat ini, perilaku serba instan, semau gua, dan mengingkari norma-norma yang ada. sebagai hasilnya banyak kebudayaan Indonesia dilupakan dan tidak lagi menjadi tradisi di kalangan remaja.
Akhir-akhir ini dapat disaksikan baik melalui media cetak, elektronik, banyak anak muda atau dengan kata lain anak remaja yang terjerumus pada pergaulan yang bisa menjerumuskan dirinya kejurang yang dapat mengakibatkan kehancuran baik moral maupun akhlak didalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sesuai dengan fakta yang menunjukkan bahwa remaja saat ini banyak yang menyimpang dari norma (www.Kompas.com) yaitu:
Faktanya masih banyak para remaja yang tidak memanfaatkan masa remajanya ini dengan baik. Terkadang masih banyak para remaja yang terjerumus kepada pergaulan bebas. Contohnya : free sex 63 %, pelakunya adalah kalangan remaja. mereka mengaku melakukannya di tempat kos teman pria partner seksnya. 14% di tempat kosnya sendiri, 21% mengaku di losmen atau hotel kelas melati. 2% di tempat-tempat wisata.  pemakaian narkoba 58 % pengguna narkoba di Indonesia adalah kalangan remaja yakni kalangan pelajar dan mahasiswa, total seluruh pengguna narkoba berdasarkan penelitian yang dilakukan BNN dan UI sebanyak 3,8 sampai 4,2 juta. ciuman,petting dan oral sex 93,7 %, Aborsi 21,1 % /tahun dan sekitar 20 persen (700-800 ribu) dilakukan oleh remaja. yang terkena HIV 70 %,  meminum minuman keras, balapan liar, judi, tawuran antar sekolah 339 Kasus,  tindak kriminal, kejahatan, vandalisme dan lain sebagainya. Ini semua pelakunya dari kalangan remaja. Perbuatan-perbuatan seperti ini masih banyak kita temui disekitar kita,  baik melalui media cetak maupun media elektronik.
Sedangkan menurut (KOMPASIANA.com.htm) Dimana beberapa waktu yang lalu Komisi Nasional Perlindungan Anak juga pernah merilis data hasil survei di 12 kota besar di Indonesia dimana 62,7% remaja yang duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama) pernah berhubungan intim dan 21,2% siswi SMA (Sekolah Menengah Atas) pernah menggugurkan kandungannya. Angka usia di Indonesia itu berada di urutan ke 9 dari 10 negara Asia yang disurvei, yaitu Malaysia (23 tahun), India (22,9 tahun), Singapore (22,8 tahun), China (22,1 tahun), Thailand (20,5 tahun), Hong Kong (20,2 tahun), Vietnam (19,7 tahun), Japan (19,4 tahun), Taiwan (18,9 tahun). Namun, angka usia di Indonesia itu masih diatasnya usia rata-rata di 27 negara Eropa yang sekitar 16 tahun, dengan usia tertinggi di Spanyol yang sekitar 19,2 tahun dan usia terendah di Iceland yang sekitar 15,6 tahun. Maupun juga di Amerika Serikat yang sekitar 18 tahun.
 
Salah satu contoh yang bisa kita lihat yaitu banyaknya kasus-kasus yang tidak mencontohkan  yang dilakukan oleh Artis-artis papan atas seperti Raffi Ahmad, Tessy Srimulat, Luna maya, Nazril Ilham, Saiful Jamil, Indra Bekti dan artis lainnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut secara tidak langsung ditiru oleh remaja yang rasa penasarannya sangat besar. Faktor media massa baik berupa majalah, surat kabar, tabloid, maupun media elektronik seperti radio, Televisi,dan internet menjadi penyumbang terbesar yang membawa pengaruh terhadap sikap remaja masa kini. Karena remaja merupakan salah satu kelompok penduduk yang mudah terpengaruh oleh arus informasi baik yang positif maupun negatif.
Ditambah lagi dengan kemajuan tekhnologi sekarang ini. Misalnya internet, dengan internet masih banyak para remaja menggunakannya secara negatif contohnya para remaja masih banyak yang menggunakannya untuk membuka situs porno, hampir rata-rata yang pernah membuka situs porno 97 % dan penggunanya itu adalah dari kalangan remaja. Perbuatan ini memang sangat menghancurkan masa depan remaja. (KOMPASIANA.com.htm)
Situasi masa kini sudah semakin berkembang. Kecenderungan yang muncul di dukung oleh laju perkembangan Teknologi dan arus kehidupan global yang tidak mungkin di bendung.
Hal ini diperkuat dengan adanya hasil diskusi antara penulis dengan Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 Kota Bogor. Hasil diskusi dengan salah satu petinggi di Kota Bogor ini mengatakan bahwa, perilaku remaja akhir-akhir ini sangat menghawatirkan, kasus kenakalan remaja mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.  perilaku mereka banyak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pergaulan. Dimana lingkungan yang paling utama bagi perkembangan dan pertumbuhan mereka adalah dalam keluarga. Oleh karena itu orang tua harus mengawasi dan memperhatikan anak dalam aktifitas kesehariannya, baik dilingkungan rumah maupun diluar rumah.
Perilaku menyimpang dapat terjadi dimana dan kapan saja, dalam keluarga maupun dalam kehidupan di masyarakat. Karena pada masa ini remaja masih mencari jati diri yang ideal menurut dirinya, sehingga tidak jarang yang mereka lakukan adalah hal-hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan yang berlaku dalam pandangan masyarakat umum.
Faktor lain yang menyebabkan perilaku remaja menyimpang adalah krisis identitas dan kontrol diri yang lemah. Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku nakal’.  Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.
Beberapa faktor penyebab kenakalan remaja bersumber pada tiga keadaan yang terjadi dalam lingkungan kelurga, sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu upaya untuk mengatasinya merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua, guru di sekolah dan masyarakat. Karena perilaku remaja saat ini, mayoritas dibentuk oleh lingkungan. Mereka lebih mudah menerima nasihat dari teman sebaya dan lingkungan pergaulan dibanding dengan nasehat orang tua ataupun guru.
Pergaulan yang tidak memberikan manfaat atau cenderung menjerumuskan sebenarnya bisa di hindari, jika individu tersebut memiliki kekuatan iman yang ada pada dirinya. Agar tidak menyalah gunakan pergaulan yang sekarang sedang merajalela di kalangan remaja, dan dari perilaku manusia pun menjadi sebuah dampak kejahatan yang ada di dunia. Tanpa di sadari kita pun sudah membuka peluang kejahatan di dunia karena ke salahan dari individu itu bergaul. Namun tidak semua remaja seperti itu, jika remaja itu sendiri bisa mengontrol dirinya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang dapat merusak adat istiadat. Mereka yang berfikir positive melakukan kegiatan-kegiatan yang bermoral, agar tidak mudah terjerumus akan hal-hal yang seperti itu.
Sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja, mereka juga dihadapkan pada tugas-tugas yang berbeda dari tugas pada masa kanak-kanak. Sebagaimana diketahui, dalam setiap fase perkembangan, termasuk pada masa remaja, individu memiliki tugas-tugas perkembangan yang harus dipenuhi. Apabila tugas-tugas tersebut berhasil diselesaikan dengan baik, maka akan tercapai kepuasan, kebahagian dan penerimaan dari lingkungan. Keberhasilan individu memenuhi tugas-tugas itu juga akan menentukan keberhasilan individu memenuhi tugas-tugas perkembangan pada fase berikutnya.
Masalah-masalah tersebut diatas tentu meiliki keterkaitan degan berbagai aspek yang perlu di identifikasi kebenarannya, baik yang muncul dari faktor internal maupun eksternal remaja.
B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan di atas, penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.    Apakah gaya kepemimpinan orang tua memiliki hubungan dengan tingkah laku usia remaja?
2.    Apakah terdapat perbedaan dalam pengasuhan yang diterapkan orang tua terhadap anak?
3.    Bagaimana hubungan kepemimpinan orang tua terhadap anak usia remaja?
4.    Apakah gaya kepemimpinan orang tua yang otoriter menjadikan anak menjadi disiplin ?
5.    Apakah kepemimpinan orang tua yang religius berhubungan dengan kenakalan remaja ?
6.    Apakah kebebasan yang diberikan orang tua berpengaruh terhadap tingkah laku usia remaja?
7.    Apakah keluarga yang brouken home berpengaruh terhadap perilaku  remaja?

C.      Pembatasan Masalah
Memperhatikan  luasnya permasalahan tersebut dan keterbatasan peneliti  dalam hal waktu, Agar penelitian ini fokus maka penulis menetapkan pembatasan masalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana Gaya Kepemimpinan Orang Tua di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
2.    Bagaimana Perilaku Anak Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
3.    Adakah Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.

D.       Perumusan Masalah
Sesuai dengan uraian sebelumnya maka penulis merumuskan masalah penelitian ini adalah “Apakah terdapat Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Orang Tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.”

E.       Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari  penelitian ini  yang hendak dicapai penulis adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang  :
a.         Gaya Kepemimpinan Orang Tua di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
b.         Perilaku Anak Remaja di Gang Tanu RW 03 Keluraha Tanah Sareal Kota Bogor.
c.         Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Tingkah Laku Anak Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.

2.   Kegunaan Hasil Penelitian
Adapun kegunaan yang penulis harapkan setelah penelitian ini berakhir yaitu:
a.         Sumbangan pemikiran penulis terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan Gaya Kepemimpinan Orang Tua  dengan Perilaku Anak Usia Remaja
b.         Menambah bahan bacaan (literatur) bagi pihak-pihak yang bergerak dibidang pendidikan dalam upaya memecahkan masalah yang ada dalam masyarakat pada umumnya dan masalah yang berhubungan dengan remaja pada khususnya.
c.         Bahan pertimbangan bagi para peneliti sejenis tentang Gaya Kepemimpinan dan Perilaku Remaja.
d.        Bagi penulis sebagai persyaratan untuk menempuh jenjang program Strata Satu ( S1 ) Pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Konsentrasi Bimbingan Konseling pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor.













F.        Sistematika Penulisan Skripsi
BAB I : Pendahuluan ( Memuat tentang: latar belakang masalah, identifikasi  masalah, pembatasan dan perumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian, dan sistematika penulisan skripsi).
BAB II    :  Kajian teori yang membahas tentang konsep perilaku remaja, konsep gaya kepemimpinan orang tua, kerangka pemikiran serta  hipotesis dan desain penelitian
Bab III   :   Metodologi penelitian yang membahas tentang tujuan penelitian, waktu dan tempat penelitian, metode penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, uji instrumen dan teknik analisis data.
Bab IV   :   Hasil penelitian yang membahas tentang gambaran umum RW 03 Gang Tanu Tanah Sareal Kota Bogor, hasil penelitian, uji hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian.
Bab  V   :   Simpulan dan saran
Daftar pustaka
Lampiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar