HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN
ORANG TUA DENGAN PERILAKU ANAK USIA REMAJA DI GANG TANU RW 03 KELURAHAN TANAH
SAREAL KOTA BOGOR
SKRIPSI
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti ujian memperoleh gelar Sarjana
Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Unversitas
Ibn Khaldun Bogor
Oleh
Ahmad Fauzi
Batubara
NPM
12211110835
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR
SEKOLAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR
2016
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI
Ahmad Fauzi
BTR
Hubungan
Antara Gaya Kepemiminan Orang Tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu
RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor
Disetujui dan disahkan oleh ;
Bogor,
Pembimbing I Pembimbing II
Dr. Zainal Abidin
Arief H.Dedi Supriadi, M.Si.,M.Pd
NIP. 19550717171986031002 NIK.
4101000010
Mengetahui,
Dekan Ketua Program Studi
Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Ibn Khaldun Bogor. FKIP – UIKA Bogor.
Dr. Herawati, MS Dr. Abdul Karim Halim, M.Si
NIP. 195301131980032002 NIK. 410100008
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama Lengkap : Ahmad Fauzi BTR
Nomor Pokok Mahasiswa : 12211110835
Tempat Tanggal Lahir : Sibanggor Jae, 07
Oktober 1992
Program Studi : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidiian
Universitas
Ibn Khaldun Bogor
Dengan menyatakan bahwa Skripsi yang berjudul :
“Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Orang Tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja
di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Kota
Bogor” beserta seluruh isinya adalah
benar-benar karya saya sendiri. Saya tidak melakukan penjiplakan
atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika ilmu yang
berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan tersebut, saya siap
menanggung resiko/sanksi apabila di kemudian hari ditemukan adanya pelanggaran
etika keilmuan atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.
Bogor , 06 Mei
2016
Yang membuat pernyataann
Ahmad Fauzi
BTR
NPM 12211110835
ABSTRAK
AHMAD FAUZI
BTR, NPM :
12211110835, “Hubungan
antara Gaya Kepemimpinan Orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang
Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor”.
Perumusan dalam penelitian ini
adalah: bagaimana hubungan antara Gaya Kepemimpinan Orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03
Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor. Penelitian ini dibatasi pada hal-hal
sebagai berikut: a). Gaya Kepemimpinan. b) Perilaku Anak Usia Remaja. 3) Apakah terdapat hubungan antara Gaya
Kepemimpinan Orang tua dengan Perilaku
Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor
Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk memperoleh data dan informasi tentang :a) Gaya Kepemimpinan Orang tua, b) Perilaku Anak Usia Remaja dan c) Hubungan
antara keduanya.
Perilaku remaja adalah keseluruhan
sikap dan tindakan positif atau negatif yang dapat diamati melalui pikiran
perasaan dalam proses pertumbuhan dari masa anak-anak menuju dewasa. gaya kepemimpinan orang tua adalah cara yang dipilih dan digunakan
dalam mempengaruhi pikiran, perasaan, sikap dan perilaku anak dalam keluarga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun teknik yang
digunakan dalam pengumpulan
data pada penelitian ini, yaitu angket, observasi dan studi pustaka. Populasi
dalam penelitian ini yaitu remaja RW 03 Kelurahan Tanah Sareal. Sampel dalam penelitian ini yaitu remaja sebanyak 30 orang.
Hipotesis
yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu: H0:
Tidak terdapat hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03
Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor. H1: Terdapat hubungan
antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota
Bogor.
Dari hasil penelitian ini, diperoleh
kesimpulan sebagai berikut:
a. Nilai rhitung sebesar
0,86 setelah dikonsultasikan dengan table interpepretasi nilai “r”, maka nilai
rhitung sebesar 0,86 berada pada interval 0,80 – 1,000 dengan
kategori Sangat Kuat.
Demikian pula setelah dikonsultasikan dengan nilai rtabel product
moment dengan N = 30 pada taraf signifikansi 95% = 0,361, diperoleh rtabel
sebesar 0,361, menunjukkan rhitung > rtabel(0,86>
0,361). Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota
Bogor
b. Nilai thitung
sebesar 12,167 dan jika dikonsultasikan dengan harga ttabel uji
dua arah pada taraf signifikansi 0,05% dengan derajat kebebasan (dk) n – 2
adalah 28 (30 – 2 = 28), maka diperoleh ttabel sebesar 2,048
sehingga thitung sebesar 12,167 lebih besar dari pada ttabel sebesar
2,048 atau thitung > ttabel
(12,167>2,048). Hal ini berarti nilai thitung berada pada
wilayah penolakan hipotesis nol. Dengan demikian maka penelitian ini menolak
Hipotesis uji atau Hipotesis nol (H0), yang berbunyi: “Tidak
terdapat hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03
Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor”.dan menerima hipotesis alternatif (H1), yang berbunyi: “Terdapat hubungan antara Gaya kepemimpinan
orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di
Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor”.
c. Harga koefisien determinasi (KD)
sebesar 74%. Berarti besarnya hubungan antara Gaya kepemimpinan orang tua dengan Perilaku Anak Usia Remaja di Gang Tanu RW 03
Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor. sebesar 74%, atau dengan kata
lain peranan gaya kepemimpinan orang tua memberikan kontribusi sebesar 74% terhadap Perilaku Anak Usia Remaja di
Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor, sedangkan sisanya sebesar 26%
merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain.
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmaanirrahiim
Puji
syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT. Sholawat dan salam
semoga tercurahkan kepada keluarga, sahabat, dan hingga pada kita selaku
umatnya.
Dengan
rasa syukur penulis panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan
karunia-nya kepada penulis, dengan segala jerih payah skripsi yang berjudul ” HUBUNGAN
ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU ANAK USIA REMAJA DI GANG
TANU RW 03 KELURAHAN TANAH SAREAL KOTA BOGOR” dapat penulis selesaikan. Dengan tujuan untuk
melengkapi salah satu persyaratan penulisan
skripsi untuk penyelesaian program strata satu
(S1) Universitas Ibn Khaldun Bogor yang di dalamnya tak lepas dari berbagai
pihak yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan, maka dengan ini
penulis ucapkan terimakasih kepada yang terhormat :
1.
Bapak Dr.H. E. Bahrudin Drs., M.Ag, selaku Rektorat Universitas Ibn Khaldun Bogor.
2.
Ibu Dr. Herawati, MS selaku Dekan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor.
3.
Bapak Dr. Abdul Karim Halim,
Drs.M.Si selaku Ketua Jurusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah UIKA Bogor.
4.
Bapak Dr.Zaenal Abidin Arif M.Sc
selaku dosen pembimbing satu yang telah sabar dan ikhlas dalam memberikan
bimbingan dan nasehatnya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
5.
Bapak H. Dedi Supriadi, M.Si.,M.Pd
selaku dosen pembimbing dua yang telah sabar dan ikhlas dalam pemberian
bimbingan dan nasehatnya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
6.
Seluruh dosen Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan yang telah memberikan ilmunya kepada penulis semoga ilmu
yang telah diberikan berkah dan bermanfaat.
7.
Staff TU, Staff Perpustakaan Pusat, FKIP, dan Gor Padjajaran beserta
seluruh karyawan yang banyak
membantu penulis selama kuliah.
8.
Ayahanda Ali Suleman Batubara dan Ibunda tercinta Rahmi Nasution, yang selalu
memberikan kasih sayang, Do’a dan pengorbanannya, serta membesarkan, memberikan motivasi, dan
segalanya. Serta seluruh keluarga yang telah memberikan do’a dan dorongannya
sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.
9.
H.N.Alamsyah selaku Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kodim)
0606 Kota Bogor yang selalu memotivasi penulis
untuk menyelesaikan skripsi
10. Kepada keluarga besar Resimen Mahasiswa Batalyon VII/Suryakancana. Khususnya
UIKA, IPB, UNPAK dan UNIDA yang
selalu memotivasi
penulis untuk menyelesaikan skripsi.
11.
Kepada sahabat seperjuangan
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah angkatan
2012. Khususnya Abdur Rohman, Fajar Yudistira, Nia Yunisa, Iman Sulaiman,
Gilang, Ibnu Fadilah, Ihsan, Andri, Siti Nurhasanah, Titi Dwi Tri Astuti Regina
Aristya, M.Fakhran, Asti, Ropidah, Fitriyani Nst dan rekan-rekan dan semua
pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatunya, namun tidak mengurangi rasa hormat penulis.
Untuk semua itu penulis tidak dapat membalas jasa dan
memberi penghargaan sebagaimana mestinya selain memohon kehadirat Allah SWT
semoga semua amal dan jasa yang penulis terima dari mereka diterima oleh Allah
SWT sebagai amal shaleh disisi-Nya. Penulis sadar bahwasannya skripsi ini masih
terdapat kekurangan dalam penyusunannya, untuk itu penulis mengharapkan
tanggapan dan masukan dari berbagai pihak sebagai bahan perbaikan, dengan
harapan pada akhirnya skripsi ini dapat disajikan sebagai buah karya yang
bermanfaat bagi kalangan yang lebih luas.
Wassalamualaikum.W
Bogor,
Mei 2016
Ahmad Fauzi BTR
NPM:12211110835
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................i
SURAT PERNYATAAN...................................................................................ii
ABSTRAK..........................................................................................................iii
KATA PENGANTAR........................................................................................v
DAFTAR ISI.....................................................................................................vii
DAFTAR RIWAYAT
HIDUP...........................................................................x
DAFTAR TABEL..............................................................................................xi
GAMBAR..........................................................................................................xii
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................xiv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah.......................................................................1
B. Identifikasi masalah..............................................................................7
C. Pembatasan dan Perumusan Masalah...................................................8
D. Tujuan Penelitian..................................................................................8
E. Kegunaan Penelitian..............................................................................9
F. Sistematika Penulisan..........................................................................
11
BAB II KAJIAN TEORITIK, KERANGKA BERPIKIR DAN
HIPOTESIS
A. Kajian Teoritik........................................................................................ 12
1. Kajian Teoritik Tentang Perilaku
Anak Usia Remaja......................... 12
2. Kajian Teoritik Tentang Gaya
Kepemimpinan Orang tua ................25
B. Kerangka
Berpikir..................................................................................42
C. Hipotesis
dan Desain Penelitian.............................................................43
BAB III PROSEDUR
PENELITIAN
A. Lokasi
dan Waktu Penelitian................................................................45
B. Metode
Penelitian.................................................................................45
C. Populasi
dan Sampel.............................................................................48
D. Definisi
Konseptual Variabel dan Oprasional Variabel.......................50
E. Teknik Pengumpulan Data
...................................................................52
F. Prosedur Pengumpulan Data.................................................................55
G. Teknik Analisis Data............................................................................57
H. Penafsiran Data.....................................................................................59
BAB IV HASIL
PENELITIAN, UJI HIPOTESIS DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
A. Hasil
Penelitian.....................................................................................63
B. Uji Hipotesis.........................................................................................73
C. Pembahasan Hasil Penelitian................................................................79
BAB V SIMPULAN DAN
SARAN
A.
Simpulan...............................................................................................87
B. Saran.....................................................................................................89
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
PHOTO
4 x 6
|
IDENTITAS PRIBADI
A. Nama : Ahmad Fauzi BTR
B. Tempat,
Tanggal Lahir : Sibanggor Jae, 07 Oktober 1992
C. Agama :
Islam
D. Pekerjaan :
Mahasiswa
E. Alamat :
Jl. Ahmad Yani Gang Tanu Kelurahan Tanah
: Sareal Bogor Kecamatan Tanah Sareal Bogor
F. Telp/HP :
087878272010
KETERANGAN KELUARGA
1. Ayah : Ali Suleman BTR
2. Ibu : Rahmi Nasution
3. Anak Nomor : Ke-8 dari 8 bersaudara
RIWAYAT PENDIDIKAN
1. SDN 142640 Sibanggor Jae Lulus Tahun 2005
2. MTS Musthafawiyah Purba Baru Lulus Tahun 2008
3. MA Musthafawiyah Purba Baru Lulus Tahun 2011
4. Pondok Pesantren Musthafawiyah Lulus Tahun 2012
5. Terdaftar sebagai Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Ibn Khaldun Bogor sejak tahun 2012.
PENGALAMAN
ORGANISASI
1. Ketua keamanan di Ikatan Pelajar
Musthafawiyah Sibanggor Jae
2. Paduan Suara Gita Astama UIKA Bogor
3. Tarung Derajat AA BOXER
4. Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi –
B UIKA
5. Wakil Komandan Batalyon VII/Suryakancana
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Kerangka Berfikir …………………………………….......…...…41
Tabel 1.2 Desain Hipotesis ……………………………………………....…42
Tabel 1.3 Waktu Penelitian……………………………………………..…..43
Tabel 1.4 Tabel Penafsiran Nilai……..........................................................59
Tabel 1.5 Interprestasi
Harga Korelasi Nilai “r”..........................................60
Tabel 1.6 Kependudukan Tanah Sareal........................................................62
Tabel 1.7 Distribusi Frekuensi Tunggal……………………...…................63
Tabel 1.8 Keadaan Responden Berdasarkan Jenis Kelamin………............63
Tabel 1.9 Keadaan Responden Berdasarkan Usia…………….…………....63
Tabel 1.10 Keadaan Responden Berdasarkan Tingkat Sekolah.................... 64
Tabel 1.11 Distribusi Gaya
Kepemimpinan Orang Tua (Variabel X)..……. 65
Tabel 1.12 Pengujian Normalitas Data Variabel (X)
Gaya Kepemimpinan Orang Tua ......…………………………...66
Tabel 1.13 Perilaku Anak
Usia Remaja (Variabel Y)…………….....…….. 68
Table 1.14 Pengujian Normalitas Data Variabel (Y) Perilaku Anak Usia
Remaja ...................................................................................… 70
Table 1.15 Perhitungan
Uji Statistik Gaya Kepemimpinan Orang Tua (X)
Dengan Perilaku Anak Usia Remaja
(Y)………….............….. 72
Lahirku dan hidupku bukan hanya untukku,
Tetapi untuk ibuku, untuk ibuku, untuk ibuku,
dan untuk ayahku.
Untuk Tuhanku, untuk guruku, untuk
keluargaku, untuk negeriku,
Untuk generasiku, untuk zamanku, untuk kita
dan semesta.
Kehadiranku ke dunia ini, untuk memberi makna
pada semesta.
Biarlah tinta-tinta tuhan yang mewarnai
setiap goresan zikirku, pikirku, sikapku, dan tindakanku sebagai sejarah
perjalanan batin
Spritualku untuk menemuin-nya dalam
kesadaranku.
Dan aku bangga telah lahir di bumi-nya.
Untuk itulah aku lahir dan hadir untuk
kembali kepada-nya.
Daftar Lampiran-Lampiran
Lampiran 1 Kisi-kisi
Lampiran 2 Angket
Lampiran 3 Skor
Variabel X (Gaya Kepemimpinan Orang
Tua)
Lampiran 4 Skor
Variabel Y (Perilaku Anak Usia
Remaja)
Lampiran 5 R
tabel
Lampiran 6 T
tabel
Lampiran 7
Surat Keputusan
Lampiran 8 Surat
Permohonan Izin Penelitian
Lampiran 9 Surat Izin Penelitian
Lampiran 10 Surat
Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian
Lampiran 11 Kartu
Konsultasi Bimbingan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Era modern saat ini dengan segala perkembangannya telah meluluhlantahkan
nilai-nilai moral dikalangan remaja. Secara nyata situasi kehidupan remaja dipenuhi mode-mode jahiliyyah yang mengusung
kebebasan berpikir dan berperilaku tanpa mempertimbangkan nilai-nilai islam.
Kemunduran dalam beradab mereka sebut kemajuan, pamer aurat dianggap seni, perzinaan
dianggap zamannya, narkoba merajalela
dan pembunuhan janin (aborsi) dianggap hak asasi. Maka lahirlah generasi
instan yang tidak memiliki kepedulian terhadap moral.
Selama rentang kehidupan manusia banyak terjadi perubahan, baik yang
bersifat psikis, fisik maupun pemikiran yang lebih dewasa. Dari semua fase
perkembangan dan pertumbuhan manusia tersebut, salah satu fase yang penting dan menjadi pusat
perhatian saat ini adalah masa remaja.
Anak remaja sebetulnya tidak termasuk golongan anak. tetapi ia tidak pula
termasuk golongan orang dewasa atau golongan tua. Remaja ada diantara anak dan
orang dewasa. Remaja masih belum mampu untuk menguasai fungsi-fungsi fisik
maupun psikisnya. Dilihat dari segi tersebut mereka masih termasuk golongan
kanak-kanak, mereka masih harus menemukan tempat dalam masyarakat. Tahap umur remaja
datang setelah masa kanak-kanak berakhir, masa ini berlangsung antara
umur 12 sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 sampai dengan 22 tahun bagi
pria ditandai dengan pertumbuhan fisik yang cepat.
Remaja merupakan masa dimana
timbulnya berbagai kebutuhan dan emosi serta tumbuhnya kekuatan dan kemampuan
fisik yang lebih jelas dan daya pikir menjadi matang. Namun masa remaja penuh dengan berbagai perasaan
yang tidak menentu, cemas dan bimbang, dimana berkecambuk harapan dan
tantangan, kesenangan dan kesengsaraan, semuanya harus dilalui dengan
perjuangan yang berat, menuju hari depan dan dewasa yang matang. Pada masa ini banyak tuntutan atau tekanan yang
ditunjukkan pada remaja, misalnya mereka diharapkan untuk tidak lagi bertingkah
seperti anak-anak, mereka harus lebih mandiri dan bertanggung jawab.
Masa remaja merupakan masa
pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja
tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal
dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Pada masa ini juga remaja selalu ingin mencoba dan
terus mencoba sampai bisa mendapatkan apa yang
mereka inginkan.
Disaat remajalah proses menjadi manusia dewasa berlangsung. Pengalaman
manis, pahit, sedih, gembira, lucu bahkan menyakitkan mungkin akan dialami
dalam rangka mencari jati diri. Sayangnya, banyak diantara remaja yang tidak
sadar bahwa beberapa pengalaman yang tampaknya menyenangkan justru dapat
menjerumuskan. Rasa ingin tahu para remaja kadang-kadang kurang disertai
pertimbangan akan akibat dari suatu perbuatan.
Perilaku remaja masa kini
semakin bertolak belakang dengan norma yang berlaku di Indonesia. Perilaku
remaja saat ini cenderung
mendekati perilaku yang negatif tidak memungkiri karena semakin berkembangnya
era globalisasi, gaya hidup yang
lebih berkiblat ke barat. budaya luar dijadikan sebagai panutan dan diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari. seperti yang kita saksikan saat ini, perilaku
serba instan, semau gua, dan mengingkari norma-norma yang ada. sebagai hasilnya
banyak kebudayaan Indonesia dilupakan dan tidak lagi menjadi tradisi di kalangan remaja.
Akhir-akhir ini dapat disaksikan baik melalui media cetak, elektronik,
banyak anak muda atau dengan kata lain anak remaja yang terjerumus pada
pergaulan yang bisa menjerumuskan dirinya kejurang yang dapat mengakibatkan
kehancuran baik moral maupun akhlak didalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini
sesuai dengan fakta yang menunjukkan bahwa remaja saat ini banyak yang
menyimpang dari norma (www.Kompas.com) yaitu:
Faktanya masih
banyak para remaja yang tidak memanfaatkan masa remajanya ini dengan baik.
Terkadang masih banyak para remaja yang terjerumus kepada pergaulan bebas.
Contohnya : free sex 63 %, pelakunya adalah kalangan remaja. mereka mengaku
melakukannya di tempat kos teman pria partner seksnya. 14% di tempat kosnya
sendiri, 21% mengaku di losmen atau hotel kelas melati. 2% di tempat-tempat
wisata. pemakaian narkoba 58 % pengguna
narkoba di Indonesia adalah kalangan remaja yakni kalangan pelajar dan mahasiswa,
total seluruh pengguna narkoba berdasarkan penelitian yang dilakukan BNN dan UI
sebanyak 3,8 sampai 4,2 juta. ciuman,petting dan oral sex 93,7 %,
Aborsi 21,1 % /tahun dan sekitar 20 persen
(700-800 ribu) dilakukan oleh remaja. yang terkena HIV 70
%, meminum minuman keras, balapan liar,
judi, tawuran antar
sekolah 339
Kasus, tindak kriminal, kejahatan,
vandalisme dan lain sebagainya. Ini semua
pelakunya dari kalangan remaja. Perbuatan-perbuatan
seperti ini masih banyak kita temui disekitar kita, baik melalui media cetak
maupun media elektronik.
Sedangkan menurut (KOMPASIANA.com.htm) Dimana beberapa waktu yang lalu Komisi Nasional Perlindungan Anak juga
pernah merilis data hasil survei di 12 kota besar di Indonesia dimana 62,7%
remaja yang duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama) pernah berhubungan
intim dan 21,2% siswi SMA (Sekolah Menengah Atas) pernah menggugurkan
kandungannya. Angka usia di Indonesia itu berada di urutan ke 9 dari 10 negara
Asia yang disurvei, yaitu Malaysia (23 tahun), India (22,9 tahun), Singapore
(22,8 tahun), China (22,1 tahun), Thailand (20,5 tahun), Hong Kong (20,2
tahun), Vietnam (19,7 tahun), Japan (19,4 tahun), Taiwan (18,9 tahun). Namun,
angka usia di Indonesia itu masih diatasnya usia rata-rata di 27 negara Eropa
yang sekitar 16 tahun, dengan usia tertinggi di Spanyol yang sekitar 19,2 tahun
dan usia terendah di Iceland yang sekitar 15,6 tahun. Maupun juga di Amerika
Serikat yang sekitar 18 tahun.
Salah satu
contoh yang bisa kita lihat yaitu banyaknya kasus-kasus yang tidak
mencontohkan yang dilakukan oleh
Artis-artis papan atas seperti Raffi Ahmad, Tessy Srimulat, Luna maya, Nazril
Ilham, Saiful Jamil, Indra Bekti dan artis lainnya. Tidak menutup kemungkinan
bahwa hal tersebut secara tidak langsung ditiru oleh remaja yang rasa
penasarannya sangat besar. Faktor media massa baik berupa majalah, surat kabar,
tabloid, maupun media elektronik seperti radio, Televisi,dan internet menjadi
penyumbang terbesar yang membawa pengaruh terhadap sikap remaja masa kini. Karena
remaja merupakan salah satu kelompok penduduk yang mudah terpengaruh oleh arus
informasi baik yang positif maupun negatif.
Ditambah lagi dengan
kemajuan tekhnologi sekarang ini. Misalnya internet,
dengan internet masih banyak para remaja menggunakannya secara negatif
contohnya para remaja masih banyak yang menggunakannya untuk membuka situs
porno, hampir rata-rata yang pernah membuka situs porno 97 % dan
penggunanya itu adalah
dari kalangan remaja. Perbuatan ini memang sangat menghancurkan
masa depan remaja. (KOMPASIANA.com.htm)
Situasi masa
kini sudah semakin berkembang. Kecenderungan yang muncul di dukung oleh laju
perkembangan Teknologi dan arus kehidupan global yang tidak mungkin di bendung.
Hal ini
diperkuat dengan adanya hasil diskusi antara penulis dengan Kepala Staf Komando
Distrik Militer (Kodim) 0606 Kota Bogor. Hasil diskusi dengan salah satu
petinggi di Kota Bogor ini mengatakan bahwa, perilaku remaja akhir-akhir ini
sangat menghawatirkan, kasus kenakalan remaja mengalami peningkatan dari tahun
ke tahun. perilaku mereka banyak
dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pergaulan. Dimana lingkungan yang
paling utama bagi perkembangan dan pertumbuhan mereka adalah dalam keluarga.
Oleh karena itu orang tua harus mengawasi dan memperhatikan anak dalam
aktifitas kesehariannya, baik dilingkungan rumah maupun diluar rumah.
Perilaku menyimpang
dapat terjadi dimana dan kapan saja, dalam keluarga maupun dalam kehidupan di
masyarakat. Karena pada masa ini remaja masih mencari jati diri yang ideal
menurut dirinya, sehingga tidak jarang yang mereka lakukan adalah hal-hal yang
tidak sesuai dengan kebiasaan yang berlaku dalam pandangan masyarakat umum.
Faktor lain yang
menyebabkan perilaku remaja menyimpang adalah krisis identitas dan kontrol diri
yang lemah. Remaja yang tidak bisa mempelajari dan
membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima
akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah
mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan
kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.
Beberapa faktor penyebab
kenakalan remaja bersumber pada tiga keadaan yang terjadi dalam lingkungan
kelurga, sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu upaya untuk mengatasinya
merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua, guru di sekolah dan
masyarakat. Karena perilaku remaja saat ini, mayoritas dibentuk oleh
lingkungan. Mereka lebih mudah menerima nasihat dari teman sebaya dan
lingkungan pergaulan dibanding dengan nasehat orang tua ataupun guru.
Sebagaimana yang diakses
dalam (http://www.kompasiana.com/nanjira-res.blogspot.com/opini-perilaku-remaja-sekarang-ini_blogspot.)
Pergaulan yang
tidak memberikan manfaat atau cenderung menjerumuskan sebenarnya bisa di hindari,
jika individu tersebut memiliki kekuatan iman yang ada pada dirinya. Agar tidak
menyalah gunakan pergaulan yang sekarang sedang merajalela di kalangan remaja, dan
dari perilaku manusia pun menjadi sebuah dampak kejahatan yang ada di dunia.
Tanpa di sadari kita pun sudah membuka peluang kejahatan di dunia karena ke
salahan dari individu itu bergaul. Namun tidak semua remaja seperti itu, jika
remaja itu sendiri bisa mengontrol dirinya agar tidak terjerumus kedalam
hal-hal yang dapat merusak adat istiadat. Mereka yang berfikir positive melakukan kegiatan-kegiatan
yang bermoral, agar tidak mudah terjerumus akan hal-hal yang seperti itu.
Sejalan
dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja, mereka juga
dihadapkan pada tugas-tugas yang berbeda dari tugas pada masa kanak-kanak.
Sebagaimana diketahui, dalam setiap fase perkembangan, termasuk pada masa
remaja, individu memiliki tugas-tugas perkembangan yang harus dipenuhi. Apabila
tugas-tugas tersebut berhasil diselesaikan dengan baik, maka akan tercapai
kepuasan, kebahagian dan penerimaan dari lingkungan. Keberhasilan individu
memenuhi tugas-tugas itu juga akan menentukan keberhasilan individu memenuhi
tugas-tugas perkembangan pada fase berikutnya.
Masalah-masalah tersebut
diatas tentu meiliki keterkaitan degan berbagai aspek yang perlu di
identifikasi kebenarannya, baik yang muncul dari faktor internal maupun
eksternal remaja.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dikemukakan di atas, penulis
mengidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.
Apakah gaya kepemimpinan orang tua memiliki hubungan dengan tingkah laku
usia remaja?
2.
Apakah terdapat perbedaan dalam pengasuhan yang diterapkan orang tua
terhadap anak?
3.
Bagaimana hubungan kepemimpinan orang tua terhadap anak usia remaja?
4.
Apakah gaya kepemimpinan orang tua yang otoriter menjadikan anak menjadi
disiplin ?
5.
Apakah kepemimpinan orang tua yang religius berhubungan dengan kenakalan
remaja ?
6.
Apakah kebebasan yang diberikan orang tua berpengaruh terhadap tingkah laku
usia remaja?
7.
Apakah keluarga yang brouken home berpengaruh terhadap perilaku remaja?
C.
Pembatasan Masalah
Memperhatikan luasnya permasalahan tersebut dan
keterbatasan peneliti dalam hal waktu, Agar penelitian ini fokus
maka penulis menetapkan pembatasan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana
Gaya Kepemimpinan Orang Tua di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota
Bogor.
2. Bagaimana
Perilaku Anak Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
3. Adakah
Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Remaja di
Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
D.
Perumusan Masalah
Sesuai dengan uraian
sebelumnya maka penulis merumuskan masalah penelitian ini adalah “Apakah
terdapat Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Orang Tua dengan Perilaku Anak Usia
Remaja di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Kota
Bogor.”
E. Tujuan dan Kegunaan
Penelitian
1.
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan
dari penelitian ini yang hendak dicapai penulis adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang :
a.
Gaya Kepemimpinan Orang
Tua di Gang Tanu RW 03 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
b.
Perilaku Anak Remaja di
Gang Tanu RW 03 Keluraha Tanah Sareal Kota Bogor.
c.
Hubungan Antara Gaya
Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Tingkah Laku Anak Remaja di Gang Tanu RW 03
Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor.
2. Kegunaan Hasil
Penelitian
Adapun kegunaan yang penulis
harapkan setelah penelitian ini berakhir yaitu:
a.
Sumbangan pemikiran penulis terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan Gaya Kepemimpinan Orang Tua
dengan Perilaku Anak Usia Remaja
b.
Menambah
bahan bacaan (literatur) bagi pihak-pihak yang bergerak dibidang pendidikan
dalam upaya memecahkan masalah yang ada dalam masyarakat pada umumnya dan
masalah yang berhubungan dengan remaja pada
khususnya.
c.
Bahan
pertimbangan bagi para peneliti sejenis tentang Gaya Kepemimpinan dan Perilaku Remaja.
d.
Bagi
penulis sebagai persyaratan untuk menempuh jenjang program Strata Satu ( S1 )
Pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Konsentrasi Bimbingan Konseling pada
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor.
F.
Sistematika
Penulisan Skripsi
BAB I : Pendahuluan ( Memuat tentang: latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan dan perumusan masalah,
tujuan penelitian dan manfaat penelitian, dan sistematika penulisan skripsi).
BAB II : Kajian teori yang membahas tentang konsep
perilaku remaja, konsep gaya kepemimpinan orang tua, kerangka pemikiran
serta hipotesis dan desain penelitian
Bab III : Metodologi
penelitian
yang membahas tentang tujuan penelitian, waktu
dan tempat penelitian, metode penelitian, populasi dan sampel, teknik
pengumpulan data, instrumen penelitian, uji instrumen dan teknik analisis data.
Bab IV : Hasil penelitian yang membahas tentang
gambaran umum RW 03 Gang Tanu Tanah Sareal Kota Bogor, hasil penelitian, uji
hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian.
Bab V : Simpulan dan saran
Daftar pustaka
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar