Jumat, 19 Juni 2015


NOMOR
NAMA SISWA
MATA PELAJARAN
JML NILAI
RATA NILAI
PERINGKAT
URT
PAI
PKn
B.IND
B.ING
MTK
IPA
IPS
SENI B.
PENJAS
KOMP.
B.SUND
PKLH
75
75
76
75
75
75
75
75
75
75
70
70
1
SITI ROPIAH
82
70
85
94
75
79
80
85
78
80
72
78
958
80
6
2
NUR AINUN
79
70
76
60
75
75
78
80
80
76
70
80
899
75
18
3
ANGGA SAPUTRA
79
72
81
75
75
76
78
85
85
78
72
76
932
78
13
4
LIA ANGELIA
80
75
81
75
77
76
76
82
78
85
76
80
941
78
10
5
NANDA SAPUTRA
79
75
60
62
76
75
78
80
78
78
76
86
903
75
16
6
NUR DINDA
85
75
81
85
80
79
78
85
85
85
74
76
968
81
3
7
ARIF HIDAYAT
80
78
83
76
75
82
78
83
80
85
84
76
960
80
5
8
FAZRIAH
78
70
75
76
76
78
82
78
85
76
80
76
930
78
14
9
FIRMANSYAH
76
75
84
80
75
76
76
82
80
80
76
80
940
78
11
10
GERY SETIAWAN
85
76
80
75
78
77
78
80
75
90
74
76
944
79
9
11
AFRIANSYAH
78
75
85
87
79
80
78
85
78
86
82
80
973
81
2
12
RABANI
80
70
60
57
75
36
78
60
78
76
70
76
816
68
20
13
HESTI
79
90
80
60
75
50
80
75
70
78
78
80
895
75
19
14
ABDUL AZIZ
82
75
88
69
78
78
78
85
78
86
80
76
953
79
8
15
EGI SAPUTRA
78
75
83
75
76
77
76
80
80
90
88
78
956
80
7
16
FARAH YUNIAR
80
80
60
82
75
75
78
76
78
76
78
80
918
77
15
17
AFRIADI
79
70
80
50
76
77
78
84
79
80
78
70
901
75
17
18
LISTIA JUNIAR
79
70
79
75
75
76
78
80
83
80
80
82
937
78
12
19
DITA FEBRIAN
85
76
90
99
84
88
78
88
90
85
86
90
1039
87
1
20
NADYA ALFIANTI
80
75
87
79
78
80
80
83
78
86
78
82
966
81
4

   JUMALAH NILAI
1603
1492
1578
1491
1533
1490
1564
1616
1596
1636
1552
1578
18729
1561


RATA-RATA NILAI
80
75
79
75
77
75
78
81
80
82
78
79
936
78


NILAI TERTINGGI
85
90
90
99
84
88
82
88
90
90
88
90
1039
87


NILAI TERENDAH
76
70
60
50
75
36
76
60
70
76
70
70
816
68


I.              Identifikasi Masalah
A.       Daftar Nilai
DAFTAR NILAI HASIL BELAJAR KELAS VIII C SMPN 2 DRAMAGA


KETERANGAN :
1.      PAI
2.      PKN
3.      B.IND
4.      B.ING
5.      MTK
6.      IPA
7.      IPS
8.      SENI B.
9.      PENJAS
10.  KOMP
11.  B.SUNDA
12.  PKLH






B.       GRAFIK HASIL BELAJAR
C.      Siswa yang diduga Mempunyai Kesulitan Belajar
1.         Rabani
2.         Hesti
3.         Nur Ainun





II.           A. IDENTIFIKASI JENIS DAN SIFAT KESULITAN
1.             Kasus       : Rabani
2.             Daftar Nilai Kasus Rabani
MATA PELAJARAN
NILAI
RATA-RATA
+(-)
PAI
8
6,4
1,6
PKN
7
6,3
0,7
BAHASA INDONESIA
6
6,2
-0,2
BAHASA INGGRIS
5
6,2
-1,2
MATEMATIKA
7
6,4
0,6
IPA
3
6,3
-3,3
IPS
7
6,8
0,2
SENI BUDAYA
6
6,8
-0,8
PENJAS
7
7
0
KOMPUTER
7
7
0
BAHASA SUNDA
7
7
0
PKLH
7
7
0
Text Box: NILAI YANG BERMASALAH
MATA PELAJARAN : IPA
I
3.             Grafik Nilai Kasus Rabani
KETERANGAN : JENIS KESULITAN KASUS
1.       IPA
2.       BAHASA INGGRIS
3.       BAHASA INDONESIA
4.       SENI BUDAYA
5.       PKN
6.       MATEMATIKA
7.       IPS
8.       PENJAS
9.       KOMPUTER
10.    BAHASA SUNDA
11.    PKLH
12.    PAI
 
B.       SIFAT KESULITAN
1.        Ilmu Pengetahuan Alam
2.        Bahasa Inggris
3.        Bahasa Indonesia
4.        Seni Budaya
5.        Pendidikan Kewarganegaraan
6.        Matematika
III.        IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB
1.        Faktor yang Mempengeruhi Kesulitan Belajar :
Jadi faktor yang menyebabkan siswa yang bernama Rabani ini mempunyai kasus kesulitan belajar, dilihat dari latar belakang pendidikannya, dan latar belakang keluarganya yang kurang mempunyai pengaruh positif terhadap perkembangan pembelajaran di kelas. Untuk itu harus dilakukan pemberian bantuan yang harus dilakukan oleh guru dan juga keluarga.

2.        Setelah di lihat catatan belajar siswa yang bernama Rabani ini dan sudah di  wawancara maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kesulitan belajar tersebut di pengaruhi oleh faktor keluargannya yang kurang mempunyai pengaruh positif terhadap perkembangan anak. dimana siswa ini juga tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan dasar yang diperlukan seperti Anatomi (sistem tubuh manusia) dan anak ini tidak suka bergaul dan sering merasa minder. dsb.

IV.        PROGNOSIS
Setelah diketahui faktor penyebab dari kasus tersebut diatas, maka saya ambil kesimpulan bahwa Rabani ini memiliki kasus belum bisa memahami tentang  : anatomi, gamet dan klasifikasi kingdom,  dikarenakan siswa ini sering merasa minder dan tidak mau bergaul serta tidak di dukung oleh keluarga yang kurang mendorong perkembangan anak tersebut. Dan tingkat pendidikan orang tua anak tersebut hanya berlatar belakang Sekolah Dasar (SD).


V.       TREATMENT
Setelah diketahui faktor penyebab yang dihadapi Rabani ini, solusinya, pemberian bantuan dengan remedial teaching untuk memperbaiki nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang hasil penilaiannya dibawah rata-rata.
Latar belakang pendidikan : sangat perlu diberikan bantuan melalui Bimbingan Belajar atau private diluar jam pembelajaran di kelas
Dan melakukan kegiatan Bimbingan dan Konseling yang harus diberikan oleh guru BK kepada siswa tersebut.
Latar belakang keluarga juga sangat berpengaruh dan perlu adanya perhatian orang tua terhadap proses pendidikan siswa tersebut 
 
Dan pendekatan oleh wali kelas, dan diberikan solusi yang terbaik. Maka wali kelas harus membicarakan kepada pihak keluarga/orang tua.. Dengan diberikan bimbingan belajar secara khusus seperti Bimbingan Belajar diharapkan bisa melatih Rabani memahami pelajaran IPA lebih baik dari sebelumnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar