|
NOMOR
|
NAMA
SISWA
|
MATA
PELAJARAN
|
JML
NILAI
|
RATA
NILAI
|
PERINGKAT
|
|||||||||||
|
URT
|
PAI
|
PKn
|
B.IND
|
B.ING
|
MTK
|
IPA
|
IPS
|
SENI
B.
|
PENJAS
|
KOMP.
|
B.SUND
|
PKLH
|
||||
|
75
|
75
|
76
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
75
|
70
|
70
|
|||||
|
1
|
SITI
ROPIAH
|
82
|
70
|
85
|
94
|
75
|
79
|
80
|
85
|
78
|
80
|
72
|
78
|
958
|
80
|
6
|
|
2
|
NUR AINUN
|
79
|
70
|
76
|
60
|
75
|
75
|
78
|
80
|
80
|
76
|
70
|
80
|
899
|
75
|
18
|
|
3
|
ANGGA
SAPUTRA
|
79
|
72
|
81
|
75
|
75
|
76
|
78
|
85
|
85
|
78
|
72
|
76
|
932
|
78
|
13
|
|
4
|
LIA
ANGELIA
|
80
|
75
|
81
|
75
|
77
|
76
|
76
|
82
|
78
|
85
|
76
|
80
|
941
|
78
|
10
|
|
5
|
NANDA
SAPUTRA
|
79
|
75
|
60
|
62
|
76
|
75
|
78
|
80
|
78
|
78
|
76
|
86
|
903
|
75
|
16
|
|
6
|
NUR DINDA
|
85
|
75
|
81
|
85
|
80
|
79
|
78
|
85
|
85
|
85
|
74
|
76
|
968
|
81
|
3
|
|
7
|
ARIF
HIDAYAT
|
80
|
78
|
83
|
76
|
75
|
82
|
78
|
83
|
80
|
85
|
84
|
76
|
960
|
80
|
5
|
|
8
|
FAZRIAH
|
78
|
70
|
75
|
76
|
76
|
78
|
82
|
78
|
85
|
76
|
80
|
76
|
930
|
78
|
14
|
|
9
|
FIRMANSYAH
|
76
|
75
|
84
|
80
|
75
|
76
|
76
|
82
|
80
|
80
|
76
|
80
|
940
|
78
|
11
|
|
10
|
GERY
SETIAWAN
|
85
|
76
|
80
|
75
|
78
|
77
|
78
|
80
|
75
|
90
|
74
|
76
|
944
|
79
|
9
|
|
11
|
AFRIANSYAH
|
78
|
75
|
85
|
87
|
79
|
80
|
78
|
85
|
78
|
86
|
82
|
80
|
973
|
81
|
2
|
|
12
|
RABANI
|
80
|
70
|
60
|
57
|
75
|
36
|
78
|
60
|
78
|
76
|
70
|
76
|
816
|
68
|
20
|
|
13
|
HESTI
|
79
|
90
|
80
|
60
|
75
|
50
|
80
|
75
|
70
|
78
|
78
|
80
|
895
|
75
|
19
|
|
14
|
ABDUL AZIZ
|
82
|
75
|
88
|
69
|
78
|
78
|
78
|
85
|
78
|
86
|
80
|
76
|
953
|
79
|
8
|
|
15
|
EGI
SAPUTRA
|
78
|
75
|
83
|
75
|
76
|
77
|
76
|
80
|
80
|
90
|
88
|
78
|
956
|
80
|
7
|
|
16
|
FARAH
YUNIAR
|
80
|
80
|
60
|
82
|
75
|
75
|
78
|
76
|
78
|
76
|
78
|
80
|
918
|
77
|
15
|
|
17
|
AFRIADI
|
79
|
70
|
80
|
50
|
76
|
77
|
78
|
84
|
79
|
80
|
78
|
70
|
901
|
75
|
17
|
|
18
|
LISTIA
JUNIAR
|
79
|
70
|
79
|
75
|
75
|
76
|
78
|
80
|
83
|
80
|
80
|
82
|
937
|
78
|
12
|
|
19
|
DITA
FEBRIAN
|
85
|
76
|
90
|
99
|
84
|
88
|
78
|
88
|
90
|
85
|
86
|
90
|
1039
|
87
|
1
|
|
20
|
NADYA
ALFIANTI
|
80
|
75
|
87
|
79
|
78
|
80
|
80
|
83
|
78
|
86
|
78
|
82
|
966
|
81
|
4
|
|
|
JUMALAH NILAI
|
1603
|
1492
|
1578
|
1491
|
1533
|
1490
|
1564
|
1616
|
1596
|
1636
|
1552
|
1578
|
18729
|
1561
|
|
|
|
RATA-RATA NILAI
|
80
|
75
|
79
|
75
|
77
|
75
|
78
|
81
|
80
|
82
|
78
|
79
|
936
|
78
|
|
|
|
NILAI TERTINGGI
|
85
|
90
|
90
|
99
|
84
|
88
|
82
|
88
|
90
|
90
|
88
|
90
|
1039
|
87
|
|
|
|
NILAI TERENDAH
|
76
|
70
|
60
|
50
|
75
|
36
|
76
|
60
|
70
|
76
|
70
|
70
|
816
|
68
|
|
I.
Identifikasi Masalah
A. Daftar Nilai
DAFTAR NILAI HASIL BELAJAR KELAS VIII C
SMPN 2 DRAMAGA
KETERANGAN :
1.
PAI
2.
PKN
3.
B.IND
4.
B.ING
5.
MTK
6.
IPA
7.
IPS
8.
SENI
B.
9.
PENJAS
10. KOMP
11. B.SUNDA
12. PKLH
B. GRAFIK
HASIL BELAJAR

C.
Siswa
yang diduga Mempunyai Kesulitan Belajar
1.
Rabani
2.
Hesti
3.
Nur Ainun
II.
A.
IDENTIFIKASI JENIS DAN SIFAT KESULITAN
1.
Kasus : Rabani
2.
Daftar
Nilai Kasus Rabani
|
MATA PELAJARAN
|
NILAI
|
RATA-RATA
|
+(-)
|
|
PAI
|
8
|
6,4
|
1,6
|
|
PKN
|
7
|
6,3
|
0,7
|
|
BAHASA
INDONESIA
|
6
|
6,2
|
-0,2
|
|
BAHASA
INGGRIS
|
5
|
6,2
|
|
|
MATEMATIKA
|
7
|
6,4
|
0,6
|
|
IPA
|
|
6,3
|
-3,3
|
|
IPS
|
7
|
6,8
|
0,2
|
|
SENI BUDAYA
|
6
|
6,8
|
-0,8
|
|
PENJAS
|
7
|
7
|
0
|
|
KOMPUTER
|
7
|
7
|
0
|
|
BAHASA
SUNDA
|
7
|
7
|
0
|
|
PKLH
|
7
|
7
|
0
|

3.
Grafik Nilai Kasus Rabani
|
B. SIFAT KESULITAN
1.
Ilmu
Pengetahuan Alam
2.
Bahasa
Inggris
3.
Bahasa
Indonesia
4.
Seni
Budaya
5.
Pendidikan
Kewarganegaraan
6.
Matematika
III.
IDENTIFIKASI
FAKTOR PENYEBAB
1.
Faktor yang Mempengeruhi Kesulitan
Belajar :
Jadi faktor yang
menyebabkan siswa yang bernama Rabani ini mempunyai kasus kesulitan belajar,
dilihat dari latar belakang pendidikannya, dan latar belakang keluarganya yang
kurang mempunyai pengaruh positif terhadap perkembangan pembelajaran di kelas.
Untuk itu harus dilakukan pemberian bantuan yang harus dilakukan oleh guru dan
juga keluarga.
2.
Setelah di lihat catatan belajar siswa
yang bernama Rabani ini dan sudah di
wawancara maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kesulitan
belajar tersebut di pengaruhi oleh faktor keluargannya yang kurang mempunyai
pengaruh positif terhadap perkembangan anak. dimana siswa ini juga tidak
memiliki keterampilan dan pengetahuan dasar yang diperlukan seperti Anatomi
(sistem tubuh manusia) dan anak ini tidak suka bergaul dan sering merasa minder.
dsb.
IV.
PROGNOSIS
Setelah
diketahui faktor penyebab dari kasus tersebut diatas, maka saya ambil
kesimpulan bahwa Rabani ini memiliki kasus belum bisa memahami tentang : anatomi, gamet dan klasifikasi kingdom, dikarenakan siswa ini sering merasa minder dan
tidak mau bergaul serta tidak di dukung oleh keluarga yang kurang mendorong
perkembangan anak tersebut. Dan tingkat pendidikan orang tua anak tersebut hanya
berlatar belakang Sekolah Dasar (SD).
V. TREATMENT
Setelah
diketahui faktor penyebab yang dihadapi Rabani ini, solusinya, pemberian
bantuan dengan remedial teaching untuk memperbaiki nilai mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang hasil penilaiannya dibawah rata-rata.
Latar belakang
pendidikan : sangat perlu diberikan bantuan melalui Bimbingan Belajar atau private diluar jam pembelajaran di kelas
Dan melakukan kegiatan
Bimbingan dan Konseling yang harus diberikan oleh guru BK kepada siswa
tersebut.
Latar belakang keluarga
juga sangat berpengaruh dan perlu adanya perhatian orang tua terhadap proses
pendidikan siswa tersebut
Dan
pendekatan oleh wali kelas, dan diberikan solusi yang terbaik. Maka wali kelas
harus membicarakan kepada pihak keluarga/orang tua.. Dengan diberikan bimbingan
belajar secara khusus seperti Bimbingan Belajar diharapkan bisa melatih Rabani
memahami pelajaran IPA lebih baik dari sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar